5 Jurus Jitu agar Siswa Tidak Jenuh/Bosan Belajar di Kelas

Akhir-akhir ini dunia pendidikan semakin terpuruk karena dianggap gagal mendidik generasi muda Indonesia. Peranan terbesar dari kegagalan itu sendiri adalah model pengajaran yang diterapkan selama ini yang dirasa kurang tepat. Lepas dari faktor penyebab kegagalan, guru memegang peranan penting dalam soal sukses atau tidak suksesnya proses pembelajaran.

Belajar Yang Membosankan

Belajar Yang Membosankan

Fakta tersebutlah yang membuat siswa pada sekolah dasarpun cenderung merasa jenuh jika sudah memasuki beberapa mata pelajaran tertentu, terutama pada mata pelajaran yang berbasis hitung-hitungan dan juga hafalan. Tidak bisa dipungkiri bahwa selama beberapa dekade ini pendidikan hanya menyuguhkan hafalan, siswa sendiri bisa dianggap hanya sebagai mesin foto kopi yang harus menghafal berlembar-lembar dan juga siswa hanya disuruh mendengarkan guru berbicara saja. Siswa tidak diajak ikut berpikir bagaimana cara untuk mengembangkan hidup dari pelajaran yang mereka pelajari.

Hal tersebut yang menjadi penyebab dimana situasi membosankan melanda siswa.

Dalam suatu pendidikan ada beberapa cara agar proses belajar itu sendiri tidak membosankan bagi siswa, hal tersebut saya rumuskan ke dalam 5 jurus jitu agar siswa tidak jenuh/bosan belajar di kelas :

  1. Pemilihan metode yang tepat, guru sebagai pendidik diwajibkan memilih metode yang tepat. Di usahakan metode yang di terapkan dapat membuat siswa menjadi lebih aktif sehingga proses belajar-mengajar tidak membosankan bagi siswa.
  2. Pemilihan media yang tepat, guru sebagai pendidik di usahakan sebisa mungkin memikirkan media apa yang cocok untuk digunakan pada proses belajar-mengajar. Tujuan dari penggunaan media sendiri adalah agar siswa dapat menyerap pelajaran yang di ajarkan secara aktual tanpa merasa jenuh serta ikut bereksperimen.
  3. Mengadakan simulasi-simulasi, hal ini diperlukan di tengah-tengah proses beajar-mengajar. Pilihlah simulasi yang bisa membangkitkan semangat siswa ketika belajar.
  4. Lakukan kegiatan belajar-mengajar di OUTDOOR, jangan hanya melakukakan proses belajar-mengajar di ruang kelas, manfaatkan lokasi yang ada. Cobalah sesekali melakukan proses belajar-mengajar di luar kelas agar siswa tidak merasa jenuh dengan suasana kelas.
  5. Pendekatan terhadap siswa, guru sebagai pendidik diharapkan melakukan pendekatan terhadap siswa agar siswa tidak merasa sungkan untuk bertanya. Hal tersebut akan membuat siswa menjadi lebih aktif.

Mungkin itu sedikit beberapa jurus jitu agar siswa tidak merasa bosan dalam proses belajar-mengajar dikelas. Hal terpenting adalah guru harus mempunyai banyak kreatifitas yang dapat dituangkan di dalam proses belajar-mengakar agar siswa sendiri bisa mengikuti pelajaran dengan ikhlas, senang dan serta tidak membuat mereka bosan ataupun jenuh.

Posted on Agustus 2, 2013, in TIPS AND TRICK. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: